Hidup di lingkungan rumah kos, yang tak hanya
terdiri dari satu sampai dua kamar, tentu saja akan
banyak ditemui berbagai macam karakter dan tipe-
tipe anak kos. Dalam berbagai tipe itu, kadang kita
temui tipe yang bisa jadi BF ( Best Friend ) kita atau
cuma sekedar untuk teman makan kita.
Namanya juga manusia, sifat dan karakter mereka
kadang unik dan kadang tidak bisa dimengerti. Apa
saja tipe-tipe penghuni kosan yang biasa kita
temui? Berikut adalah beberapa tipe yang kita
himpun berdasarkan pengalaman dan sharing
dengan anak kos lain:


Tipe Misterius
Walau seatap dengan makhluk ini, Anda akan
merasakan dia sebagai orang asing. Gimana
enggak? Keseharian dia dalam kosan selalu saja
mendekam diri di dalam kamar, entah ngapain. Dia
baru akan keluar kamar kalau saat mandi, mau
makan atau berangkat kuliah-kerja. Dia tak pernah
bergaul dengan penghuni lainnya.
Tipe Metrosexual(Dandan)
Wah… paling gak kalau Anda satu kosan dengan
tipe semacam ini. Salah satu yang wajib Anda
lakukan adalah jangan sampai Anda keduluan
mandi saat pagi hari. Kenapa? karena orang yang
seperti ini setidaknya mandi 2 kali lipat lebih lama
dari waktu yang dibutuhkan orang normal untuk
mandi. Belum lagi kalau mau berangkat kuliah-
kerja, baju yang dia kenakan pasti modis,
setrikaannya sanagt lurus dan parfumnya pasti
sudah tercium dari kamar kita.
Tipe Loyal
Tipe inilah yang paling disukai oleh penghuni
kosan lain. Biasanya dia sering ngajakin keluar
kongkow atau sekedar jalan-jalan keliling kota. Dia
paling tau buat happy-happy. Dia juga lah yang
bikin penghuni kosan bisa nyatu dan cocok antara
satu sama lain.
Tipe Politisi
Mengenai tipe yang satu ini cocok buat penghuni
kosan mahasiswa yang berkecimpung dengan
dunia organisasi. Salah satu cirinya adalah dia
paling tau dengan isu-isu nasional dan seputar
perpolitikan negera. Acara TV favoritnya adalah
berita-berita dan debat tokoh politik, tak jarang
saat menyaksikan acara tersebut dia turut
berkomentar bak politisi handal.
Tipe Einsten
Hmm.. jangan ajak dia jalan kalau dia belum
mengerjakan tugas. Dia paling rajin kalau urusan
kuliah. Jangan heran jika banyak teman kampusnya
yang main ke kos Anda hanya sekedar untuk
meminjam catatan/tugas atau numpang belajar
lewat dia. Mungkin juga ‘side job’ dia ini akan laris
saat menjelang ujian.
Tipe Homesick
Jangan harap menemui dia saat weekend atau hari
libur, mereka akan lebih memilih untuk pulang
kampung daripada stay dan berlibur dalam kosan.
Biasanya tipe ini dimiliki oleh mereka yang
rumahnya tak jauh dari kosan dia.
Tipe Irit:
Menghemat, itulah ciri khas orang seperti ini.
Apapun yang berbau gratis pasti sebisa mungkin
dia lakukan. Menyebalkan sih, gimana enggak,
pasta gigi saja pinjam, sabun pinjam, sampai
motor pun pinjam tanpa diisi bensin. Saat ada
makanan gratis dari ibu kos atau traktiran teman,
dia lah yang paling bersemangat.
Tipe Bisnisman
Kalau tipe yang satu ini adalah tipe-tipe calon
bisnisman handal. Bukan berarti tipe ini
perhitungan lho, tipe ini biasanya mencari side job
dengan jualan pulsa, distributor pakaian atau
bisnis online

Tipe trouble maker

Dari sekian type. Type inilah yg paling menyebalkan . Suka membuat masalah dengan penghuni lain dalam soal-soal sepele, suka komplain dengan ibu kost atau penjaga kost, atau suka mengutil barang-barang seperti sandal, minuman dikulkas sampai bumbu dapur.
Berhati-hatilah dengan anak kost type ini. Bilamana sudah tidak dapat ditoleransi kejailannya, mintalah kepada ibu kost untuk mengeluarkannya dari kostmu tercinta.