Wanita adalah makhluk Tuhan yang unik terutama bagi kaum pria. Ada yang bilang kalau pria adalah makhluk dari Mars dan wanita makhluk dari Venus. Sehingga kadang-kadang terjadi benturan dan salah paham yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Saya menulis disini bukan berarti saya telah paham betul ilmu komunikasi dengan wanita,  namun saya hanya ingin berbagi kepada pembaca sekalian. Teknik ini mungkin bersifat umum, bisa diterapkan kepada teman biasa atau wanita kekasih anda.

Komunikasi dengan wanita, bagaimanapun juga, berbeda dengan bila Anda menghadapi sesama lelaki. Pertama disebabkan bahwa, cara wanita dalam menyerap informasi beda. Kedua bahwa, secara psikologis ketertarikan seorang wanita atas obyek-obyek juga berbeda. Ketiga, bahwa mereka perlu mempercayai diri Anda.

Keberanian dan Percaya Diri

Banyak dari kita kaum pria merasa minder ( baca : takut )  untuk memulai sebuah hubungan dengan wanita. Bahkan hanya untuk berkenalan saja  kita sudah cukup grogi, apalagi yang diajak kenalan adalah wanita cantik.

Rasa minder kemungkinanan disebabkan  kekurangan yang ada pada diri anda : misalnya kurang ganteng , kurang tinggi, kurang kaya,  kurang gagah, atau karena motor anda butut dan sebagainya. Tenang saja, sebenarnya mayoritas wanita tidaklah memandang seberapa gantengnya anda atau betapa kayanya anda . Mereka justru tertarik dengan sikap dan kepribadian anda, selera humor anda dan kemampuan anda untuk membuat mereka merasa nyaman dan bahagia jika bersama dengan anda.

Jadi mulai sekarang pupuklah rasa percaya diri anda, kembangkan kepribadian anda sehingga anda bisa menjadi pribadi yang menarik , bersikap santun, suka menolong, punya selera humor, cerdas, sabar , pemberani, jujur dan bertanggung jawab. Itu adalah nilai plus anda , walaupun anda mungkin bertampang pas-pasan seperti saya,  he..he….

Jadi saran saya jangan takut untuk berkenalan, jangan minder untuk mengajaknya ngobrol. Mungkin satu atau dua kali anda akan ditolak . Tapi majulah terus, lalu lihat apa yang kan terjadi. Masa iya,  diantara 100 ( seratus)  juta wanita di Indonesia tidak ada satu atau dua orang yang sudi  menerima anda.

Ceria

Biasakanlah anda untuk memasang wajah yang ceria, bibir yang tersenyum kepada siapa saja terutama wanita.  Keceriaan yang anda tampilkan merupakan bahasa tubuh yang ampuh untuk memulai komunikasi yang efektif dengan wanita.

Jika anda menyapa : ” Hai” atau  “Assalamualaikum ” dengan wajah ceria dan bibir tersenyum, ini sudah merupakan isyarat buat wanita bahwa anda adalah pribadi yang menyenangkan.

Pandangan Mata

Pada saat anda berbicara dengan siapapun usahakan anda menjalin kontak mata dengan lawan bicara. Begitu juga apabila anda hendak berkomunikasi dengan  wanita. Kontak mata secara langsung menunjukkan bahwa kita serius dalam berkomunikasi.

Jadi saran saya apabila anda sedang berbicara dengan seorang wanita pandangan mata anda jangan kemana-mana selain tertuju ke arah wajahnya. Jika anda iseng memandang belahan dadanya, atau melihat betapa mulus paha dan betisnya, hal itu  hanya akan membuat anda dijauhi oleh wanita. Dan mungkin saja anda akan dijuluki ” si mata keranjang “.

Perhatikan dan Dengarkan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mayoritas wanita memang banyak bicara, apalagi dengan orang yang sudah akrab dengannya. Terkadang mereka sangat suka membicarakan diri sendiri, dan teman-temannya. Jadilah Anda pendengar yang baik dengan memperhatikan ceritanya. Berikan sesekali tanggapan, ini akan membuat wanita merasa dihargai.  Sambil menonton TV atau bermain – main dengan ponsel saat wanita ‘ curhat’ merupakan ide yang buruk walaupun anda sebenarnya bosan mendengar celotehnya.

Berikan Sanjungan dan Kritikan

Diakui atau tidak wanita memang senang di sanjung atau dipuji.  Kata-kata :

” kamu cantik sekali hari ini ” .

” Hmm…baju kamu pas banget, kontras ama warna kulitmu “.

Walaupun anda akan dikatakan gombal tetapi tetap saja wanita menyukai hal ini. Saran saya jangan berlebihan karena anda akan terlihat lebay dan tidak tulus. Berikan pujian secukupnya yang tulus dari hati anda.

Berbeda dengan wanita yang bertampang pas-pasan. Wanita yang berwajah cantik mungkin sudah kebal dengan pujian, karena memang dia sering dipuji orang. Oleh karena itu coba carilah sesuatu dalam diri wanita itu yang bisa dicela atau dikritik. Misalnya : betapa rambutnya itu tidak sehat dan bercabang-cabang atau mungkin berketombe. Atau hidungnya yang agak pesek. Seorang pria yang berani mencelanya adalah surprise yang luar biasa bagi wanita cantik . Namun jangan salahkan saya jika kemudian anda ditampar atau balik dimak-maki teman wanita anda karena mengikuti saran saya ini. ha…ha..

Sesekali saja berikan kritikan namun juga jangan keseringan. Nanti wanita itu justru akan menjadi ilfill sama anda.

Humor

Pria yang humoris banyak disukai wanita. Ini dikarenakan wanita dalam kesehariannya sudah banyak menghadapi masalah , ia butuh seseorang yang mampu menghiburnya dan membuatnya bahagia. Lontarkan joke-joke lucu disela-sela obrolan dengannya. Jangan sering-sering berdiskusi dengan wanita dengan topik-topik yang berat. Pilihlah topik yang ringan misalnya tentang fashion,  film, masakan, tentang artis yang lagi naik daun, atau tentang handphone terbaru misalnya.

Lelucon yang ringan tapi berbobot dapat mencairkan suasana sehingga dapat menambah keakraban dengan teman wanita anda. Namun humor yang berlebihan justru akan terasa garing. Anda justru akan terkesan seperti pelawak atau badut dihadapan teman wanita anda. Jadi usahakan sedang -sedang saja karena terlalu banyak melucu akan mencitrakan  anda sebagai seorang pria yang tidak bisa serius dan kekanak-kanakan.

Perhatian

Sapaan ” Hai ” ,

” apa kabar kamu hari ini ? ”

atau , ” bagaimana tugas kuliahmu apa sudah selesai ? ”

Walaupun sapaan- sapaan tersebut kedengaran basa-basi , namun saya rasa penting untuk menunjukkan bahwa anda memperhatikannya.  Tanyakan pada teman wanita anda pada saat jam makan :

“kamu sudah makan ? ”  ” Makan pakai apa?”

Perhatian itu harus lebih manakala wanita tersebut adalah kekasih anda. Sesekali telpon atau SMS dia, dia sedang ngapain ? misalnya. Namun sering-sering menelepon atau SMS  tiap satu jam juga bukan ide yang bagus.  Kesannya  anda mematai-matai kekasih anda terus,  dan over protektive jadinya.

Anda juga dapat membuat wanita merasa istimewa . Misalnya dengan membukakan pintu untuknya, memberinya tempat duduk saat naik busway, mendahulukan dia saat antri makan dan sebagainya. Pada kebudayaan barat ini terkenal dengan pepatah ladies first (mendahulukan wanita ).

Jujur dan Menjadi Diri Sendiri

Wanita paling tidak suka jika ia dibohongi, apalagi oleh teman prianya atau kekasihnya. Baginya kebohongan anda adalah sebuah dosa besar. Kebohongan anda bisa membuatnya sedih bahkan putus asa. Jadi usahakanlah untuk selalu jujur dan bersikap terbuka terhadap wanita, kecuali keadaan memaksa anda untuk berbohong. Namun jika anda ketahuan berbohong segeralah meminta maaf . Berjiwa besar dengan meminta maaf adalah lebih baik dari pada anda ngeles dan menutupi kebohongan satu dengan kebohongan yang lain.

Selain itu anda juga harus menjadi diri sendiri. Sikap kepura-puraan selain tidak nyaman bagi diri anda sendiri, hal itu  juga tidak akan bertahan lama.


Buat my love yang kebetulan baca artikel ini, jangan cemburu dan salah sangka dulu atas foto-foto diatas ya…mereka-mereka cuman temen biasa koq..oke ?!

Disclaimer :

Hasil mungkin berbeda untuk setiap orang tergantung situasi dan kondisinya. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian materiil dan immmateriil atas penggunaan saran-saran  dalam artikel ini. Efek samping yang mungki timbul dari penggunaan informasi ini adalah anda ditampar, dijauhi, atau dimaki-maki. Keep smile dan terus berusaha.