Al Qur’an dan Al- Hadist merupakan 2 sumber utama hukum Islam. Namun sering kali umat Islam banyak yang tidak mengerti apa isi Al Quran dan Al hadist. Al Qur’an sering hanya di baca dalam bahasa Arab sehingga bagi orang awam tentu tidak mengerti akan artinya. Oleh karena itu terjemah Al Quran sangat penting untuk di baca dan dipahami oleh umat muslim.

Terjemah Quran untuk Ponsel

Mengingat terjemah Al Quran yang berupa buku harganya cukup mahal maka kali ini saya memberikan sebuah alternatif berupa terjemah Al Quran digital untuk ponsel . Terjemah Al Quran ini dapat di download secara gratis DI SINI dan DI SINI. Namun karena aplikasi ini merupakan kompilasi file yang aslinya berbahasa Inggris, maka beberapa ponsel tidak dapat menjalankan aplikasi ini terutama ponsel bersistem operasi Symbian.

Hadist Shahih Bukhari

Klik untuk mengaji Online

Kitab Shahih Bukhari merupakan kitab (buku) koleksi hadits yang disusun oleh Imam Bukhari (nama lengkap: Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah al-Ja’fai) yang hidup antara 194 hingga 256 hijriah.

Koleksi hadits ini di kalangan muslim Sunni adalah salah satu dari yang terbaik karena Bukhari menggunakan kriteria yang sangat ketat dalam menyeleksi hadits. Ia menghabiskan waktu 16 tahun untuk menyusun koleksi ini dan menghasilkan 2.602 hadits dalam kitabnya (9.802 dengan perulangan).

Beberapa hadist di dalamnya telah di terjemahkan pula dalam bahasa Indonesia. Sama seperti al Qur’an terjemah, ebook ponsel ini juga merupakan file kompilasi. Anda dapat mendownloadnya secara gratis DI SINI.

Shahih Muslim

Klik untuk mengaji Online

Al-Jami’ atau biasa di kenal dengan Kitab Shahih Muslim merupakan kitab (buku) koleksi hadits yang disusun oleh Imam Muslim (nama lengkap: Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Naisaburi) yang hidup antara 202 hingga 261 hijriah. Ia merupakan murid dari Imam Bukhari.

Koleksi hadits ini di kalangan muslim Sunni adalah koleksi terbaik kedua setelah Shahih Bukhari. Dari sekitar 300.000 hadits yang ia kumpulkan hanya sekitar 4000 yang telah diteliti selama hidupnya dan dapat diterima keasliannya.

Shahih Muslim terbagi menjadi beberapa kitab dimana tiap kitab terdiri dari beberapa bab. Judul bab tersebut menunjukkan fiqih Imam Muslim terhadap hadits-hadits yang termuat di dalamnya. Shahih Bukhari bersama dengan kitab Shahih Muslim disebut sebagai ash-Shahihain (Dua Kitab Shahih rujukan utama). Dalam menyusun kitab Shahihnya, Imam Muslim tidak memberikan nomor. Di kemudian hari ditambahkan nomor pada Shahih Muslim untuk memudahkan perujukan hadits.

Beberapa hadist di dalamnya telah diterjemahkan pula dalam bahasa Indonesia berupa aplikasi ponsel yang dapat didownload DI SINI.