Tahukah Anda apakah Google AdSense itu ? ya, sebuah program periklanan Google yang memungkinkan pemilik web atau weblog ( blog ) mendapatkan penghasilan dari iklan di halaman mereka.
Namun Google hanya akan menerima halaman web dengan bahasa utama yang didukung google yaitu: bahasa Inggris, Arab, Hungaria, Cina, Jepang, Rusia dll . Sedangkan bahasa Indonesia hanya di setujui untuk adsense pencarian Google.
Namun dengan sedikit trik Anda dapat menampilkan sebuah website atau blog berbahasa Indonesia yang memuat Google Adsense didalamnya.
Caranya :     
1. Seperti biasa buatlah sebuah blog dari penyedia template blog seperti : Worpress, blogspot, blogdetik, kampungblog, blog friendster dll. Namun bagi anda pemula saya sarankan pakai blogspot aja.
2. Bukalah Google translate ( penerjemah Google ) dan tulislah artikel Anda dalam bahasa Indonesia lalu anda terjemahkan dalam bahasa Inggris, atau pakailah software TranslateTool.
3. perbaikilah kata-kata yang tidak bisa diterjemahkan secara otomatis oleh Google secara manual.
4. Posting hasil terjemahan dalam sumber HTML blog Anda.
5. Sekarang telah jadi blog Anda namun masih dalam bahasa Inggris.
6. Postinglah beberapa artikel ( minimal 4 ) lalu daftarkan ke Google Adsense.
7. Setelah Anda dinyatakan diterima dalam program periklanan Google, masukkan script HTML Adsense dalam layout template blog Anda.
8. Bukalah sekali lagi Google translate dan terjemahkan halaman blog anda dalam bahasa Indonesia, lalu edit secara manual kata-kata yang belum diterjemahkan. Copylah URL blog versi terjemahan ini.
9. Bukalah penyedia jasa hosting ( gratisan ) seperti http://www.co.cc atau http://www.co.nr dll. Lalu set up URL , dan paste ( letakkan ) URL versi terjemahan tadi.
10. Sekarang anda telah memiliki sebuah blog berbahasa Indonesia dengan Adsense, seperti punya saya di http://www.masjupri.co.cc. Keren kan…?