klik tanda -> ( panah ) untuk menggeser peta ke kanan, ke kiri,   ke atas dan ke bawah sesuai arah tanda panah.

klik tanda + ( plus ) untuk memperbesar peta ( zoom in ), dan tanda  – ( min ) untuk memperkecil peta ( zoom out ).

Masjid Al -Huda

Masjid Al -Huda

Desa Kluwan adalah sebuah desa di kecamatan Penawangan kab. Grobogan , propinsi Jawa Tengah. Berbatasan dengan :
– desa Pengkol di sebelah selatan,
– desa Karang Paing di sebelah utara.
– desa Wedoro di sebelah barat,
– dan desa Cingkrong di sebelah timur.
Dengan luas 357,78 ha : terdiri dari lahan sawah 243,27 ha; Tegalan 42,27 ha; serta kebun/pekarangan 72,25 ha.
Desa ini merupakan desa agraris yang mempunyai potensi besar terutama di bidang pertanian dan usaha kecil. Bahkan bisa menjadi pilot project bagi pengembangan desa lainnya di Indonesia.

1. Bidang Ekonomi
a. Pertanian

Melon Star

Tanaman Melon

panen semangka

panen semangka

daging lebih tebal dan manis

Melon Star : daging lebih tebal dan manis

Perkembangan dunia pertanian di desa Kluwan cukup pesat terutama menjelang tahun 2002 sampai sekarang, selain komoditas padi kini petani Kluwan mulai mengembangkan komoditas lain seperti : palawija, jagung, kacang hijau, sayur-sayuran, semangka dan melon. Sebab komoditas padi memberikan margin keuntungan yang kecil di banding komoditas lainnya. Bahkan 2 komoditas yaitu semangka dan Melon menjadi primadona . Harga yang tinggi dan profit yang menjanjikan menjadi daya dorong masyarakat untuk mengembangkannya, namun tingkat resiko yang tinggi mengakibatkan komoditas ini hanya berani di budidayakan oleh petani yang bermodal saja.
Oleh karena itu diperlukan bantuan pemerintah dan dunia perbankan dalam mendukung terwujudnya Kluwan sebagai sentra penghasil semangka dan melon terbesar dan berkualitas di Grobogan.

b. Industri dan UMKM
Berbagai industri dan usaha kecil sedang tumbuh dan berkembang di desa Kluwan sebut saja : usaha papan klup, berbagai makanan ringan , usaha peternakan ayam, puyuh dan lele dan usaha-usaha mikro lainya.
Masalah modal dan sulitnya pemasaran di tambah pengetahuan manajemen kewirausahaan yang kurang menjadi hambatan tersendiri bagi kemajuan usaha kecil dan mikro dimasa mendatang.

2. Bidang Pendidikan

Gerbang Desa

Gerbang Desa

Saat ini di desa Kluwan terdapat lembaga- lembaga pendidikan baik formal maupun informal. Berikut ini adalah daftar lembaga tersebut :
– SDN I Kluwan dan SDN II Kluwan
– RA ( Raudlatul Atfal ) , MI ASIS, MTs ASIS, SMU Islam Plus, dan Madin ASIS, kelimanya di bawah naungan Yayasan Asrorul Islam.
– TK Pertiwi
– SMP Islam Walisongo di bawah naungan Yayasan Walisongo
– Pondok Pesantren APIQ al Badriyah,Ponpes Nurul Chakim, Ponpes Nurul Muttaqin dsb.
Banyaknya lembaga tersebut membuktikan bahwa Kluwan mampu menjadi pusat pendidikan khususnya di kec. Penawangan
Urbanisai dan Emigrasi
Fenomena urbanisasi mulai marak pada awal tahun 70-an namun seiring perkembangan waktu tampaknya urbanisasi ke kota-kota besar mulai kurang diminati khususnya generasi muda . Mereka lebih suka menjadi TKI ke luar negeri dengan tujuan Korea, Jepang ,Arab Saudi, Malaysia, Hongkong, dan Singapura. Ini tentu merupakan hal yang menggembirakan. Di harapkan para TKI yang telah berhasil mendapatkan modal dari luar negeri dapat menginvestasikan dananya bagi kemajuan desa Kluwan yang selaras dengan slogan Bali nDeso mbangu ndeso (BDMD ).

Bagi Anda warga Kluwan dan sekitarnya, dimanapun anda berada. Anda  dapat bergabung di group Kluwan Facebooker Community ( KFbC ).



Artikel Terkait :

Kelompok Tani Ngudi Luhur Kluwan diverivikasi tim Nasional

Melon Star Cocok untuk Buka Puasa.

Kelompok Tani Ngudi Luhur Kluwan terima Penghargaan dari Presiden

Tampilan pada google maps :

keterangan : klik tanda -> ( panah ) untuk menggeser peta ke kanan, ke kiri,   ke atas dan ke bawah sesuai arah tanda panah.

klik tanda + ( plus ) untuk memperbesar peta ( zoom in ), dan tanda  – ( min ) untuk memperkecil peta ( zoom out ).