wordpress1

Komik Nabi Muhammad versi Indonesia dibuat dalam sebuah blog yang diposting di wordpress.com. Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) sudah menegur wordpress dan meminta untuk segera memblokir.
“Itu tidak bisa diblok dari sini karena postingnya kan dari luar. Jadi kita sudah berkirim kepada wordpress untuk segera diblok,” ujar Kepala Bagian Informasi Publik Depkominfo Suprawoto.

Sebuah blog berisi komik yang menghina Nabi Muhammad muncul di WordPress. Akankah kejadian blokir YouTube demi menghindari film Fitna akan terulang dengan pemblokiran WordPress?

Seolah tak mau cepat-cepat mengulang kejadian film Fitna yang berujung pemblokiran, kali ini Menkominfo Mohammad Nuh tak mau langsung mengambil langkah blokir.

Ia hanya mengatakan, pihaknya bakal melacak blog yang isinya sudah jelas-jelas telah menghina umat islam ini. Tindakan tegas sesuai dengan undang-undang pun bakal diganjar kepada si pelaku jika nanti ketahuan.

“Kalau memang bersalah, artinya bisa masuk bui atau denda. Kami tak peduli ini kerjaan kelompok atau perorangan,” tegasnya kepada wartawan di Gedung Depkominfo Jakarta. Hal ini disampaikan Suprawoto di sela-sela diskusi publik bertajuk “Iklan Politik Menuju Kontrak Politik?” di Hotel Sari Pan Pasific, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Menurut Suprawoto, kartun nabi yang diposting di wordpress melanggar UU. “Itu jelas pelanggaran terhadap UU. Dalam UU mengatur tentang SARA dan penghinaan agama,” jelas dia.
Kalau sudah pelanggaran UU, apakah Depkominfo akan meminta wordpress untuk mencari pelakunya untuk segera ditindak kepolisian? “Untuk sementara kita minta diblok saja dulu,” kata Suprawoto.

Kartun Nabi Muhammad versi Indonesia muncul di sebuah blog yang beralamat di wordpress. Selain melanggar larangan Islam untuk tidak menampilkan gambar Muhammad, komik itu juga berisi penghinaan terhadap Nabi. Komik juga dipenuhi gambar-gambar cabul.